• SMKN 1 TARUMAJAYA
  • Developed by Fried Sinlae

Teknik Pemeliharaan Mesin Industri

“Teknik pemeliharaan Mekanik Industri” atau TPMI adalah kompetensi keahlian yang mempelajari dalam bidang keindustrian mulai dari Permesinan, Pengelasan, CNC, PLC, Pneumatik, Hidrolik, Autocad sampai hal yang paling kompleks sekalipun.

Disini anda akan dijarkan oleh guru pembimbing secara profesional,sehingga dalam pembelajaran nanti apa yang anda dapat setelah lulus dapat menjadi bekal ketika anda bekerja nanti.


Bidang Kerja Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri

Secara klasik, mengingat lahirnya Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri adalah untuk melayani sektor manufaktur, maka bidang kerja dari lulusan teknik pemeliharaan mekanik industri adalah pada jalur Production Officer hingga ke Director.

Deksripsi kerjanya adalah memastikan jalannya produksi, maintenance dan operasi secara efisien dan efektif hingga mendapatkan sebuah sistem produksi atau operasi yang terbaik (excellence). Ini mencakup (walaupun tidak terbatas pada):

 

evaluasi standard waktu kerja: Berapa waktu sesungguhnya dalam mengerjakan suatu urutan pekerjaan yang normal, dengan menyeimbangkan antara kemampuan manusia normal dg tuntutan organisasi.

merancang bagaimana cara kerja manual terbaik: bagaimana memastikan sebuah desain kerja dapat mengoptimalkan kemampuan manusia dan hukum alam – memanfaatkan gravitasi misalnya.

merancang dan memperbaiki layout baik dari pabrik maupun stasiun kerja: Bagaimana susunan dan urutan fasilitas kerja terbaik sehingga aliran barang atau proses bisa berjalan dengan tanpa hambatan atau berbelit-belit sehingga memakan waktu yang berharga. Facility Layout and Plant Designer

penyusunan jadwal produksi dan pengadaan/pembelian dari setiap seluruh fasilitas produksi serta bagaimana menyimpannya: untuk memastikan bebas hambatannya proses produksi, tentunya anda harus memperhatikan bahwa semua material utama dan pendukung harus tersedia ketika produksi dilakukan. Jangan seperti masak di dapur untuk nasi goreng, ketika sudah mulai ternyata nasinya nggak cukup (atau masih dalam bentuk beras) – PPIC Officer/Manager – PPIC: Production Planing and Inventory Control.

menjaga tingkat operasi dari setiap sumber daya (mesin, peralatan dsb) dalam kondisi optimal melalui manajemen pemeliharaan: (Maintenance Officer/Manager)

menjamin mutu produk yang berasal dari mutu proses yang baik: (QA (Quality Assurance) Officer/Director).

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Marching Band

Ketok-ketok

11/12/2019 22:33 WIB - Fried Sinlae
English Club

Google Translate

11/12/2019 22:33 WIB - Fried Sinlae
Paduan Suara

Padus

11/12/2019 22:32 WIB - Fried Sinlae
Rohis

Rohani Islam

11/12/2019 22:32 WIB - Fried Sinlae
Paskibra

Kibarkan Bendera

11/12/2019 22:32 WIB - Fried Sinlae